Cara Memblokir Situs Pada Windows Dan Android

Ilustrasi
Saat ini masih banyak situs – situs yang mungkin mengandung dan menyebarkan virus, malware atau memiliki konten eksplisit yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak – anak. Maka dari itu, Anda perlu membatasi akses ke situs ini untuk menjaga keselamatan perangkat dan juga keluarga Anda.

Memblokir akses ke situs web sebenarnya bukanlah hal sulit, terutama bagi pengguna Windows atau Android. Karena Windows dan Android juga memiliki fitur built-in dan juga beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda memblokir situs web tertentu.

Dalam Tutorial ini, kita akan menunjukkan bagaimana Anda dapat memblokir situs-situs pada Windows dan ponsel Android Anda dengan cara yang paling aman dan juga sederhana sehingga mudah dipahami siapa saja.


Blok situs dari file hosts di Windows

File hosts pada Windows digunakan untuk memetakan alamat ip dan hostname, serta juga dapat digunakan untuk memblokir akses ke situs-situs. Sebelum mengedit file ini Anda perlu mengakses PC dengan akses administratif, jadi pastikan Anda mengakses sebagai administrator.
Sekarang, untuk mencapai file ini Anda perlu mengakses ke drive C:/windows/System32/driver/etc
enter directory
Pada jendela tersebut, Anda akan melihat sebuah file bernama “host”. Buka file tersebut dengan cara double klik atau klik kana dan pilih “Open”. Anda akan diberikan berbagai pilihan program untuk membuka file ini. Pilih saja “Notepad” dari pilihan tersebut dan klik “OK”.
open

select notepad

Ketika file terbuka di Notepad, di dua baris terakhir ada tulisan seperti ini “# 127.0.0.1 localhost” “# :: 1 localhost”. Jika tidak ada , cari di baris lainnya.
edit

Setelah ketemu, Anda perlu menambahkan alamat website yang ingin Anda blok di baris berikutnya. Dan sebelum memasukkan alamat, ketik 127.0.0.1 dan tambahkan spasi lalu ketik alamatnya.
add line

Setelah itu, hasilnya akan menjadi seperti ini “127.0.0.1 www.ubergizmo.com”. Jika Anda ingin menambahkan lebih dari satu website, tambahkan saja baris bawahnya dengan cara yang sama.
add more than one lines

Setelah selesai, klik “close” dan pilih “Save” dari prompt atau bisa juga klik “File” dan pilih “Save” dari menu di pojok kiri atas dan kemudian tutup.
save

Dan saat seseorang akan mengakses website tersebut, maka halaman tersebut tidak akan bisa diakses.
blocked website


Blok website melalui browser

Jika cara diatas agak sulit bagi Anda, maka Anda juga dapat memblokir situs dari browser Anda. Namun jika Anda memblokir situs web dalam satu browser, maka akan masih bisa diakses melalui browser lainnya.

Pada browser Firefox, Anda dapat memblokir situs dengan menggunakan addon yang disebut BlockSite. Setelah addon terinstal, klik pada Menu di sudut kanan atas layar dan kemudian klik “Add-ons”.
add ons

Pada halaman berikutnya, klik “Extensions” di menu kiri dan Anda dapat melihat Blocksite di sana.
options

Klik “Options” pada BlockSite, dan dari jendela berikutnya klik “Add”.
options
add

Cukup ketik alamat situs web yang ingin Anda blokir di bawah judul “Location” dan klik “OK”.
add website

Setelah itu website akan diblokir dan pesan akan ditampilkan oleh BlockSite setiap kali seseorang mencoba untuk mengakses situs web. Jika Anda ingin menonaktifkan pesan tersebut, maka dari pilihan di BlockSite hapus centang pada “Enable warning messages”.
blocked website
enable

Anda dapat membuka blokir situs tersebut dengan mengklik dari BlockSite options, dan kemudian klik “Remove”.
remove

Selain pada Firefox, BlockSite ini juga tersedia pada Google Chrome.


Blokir Situs Di Android

Pada android Anda dapat mengunduh program antivirus yang juga dilengkapi dengan kemampuan memblokir situs. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan program Trend Micro Antivirus. Trend Micro adalah perusahaan keamanan terkemuka dan bertanggung jawab untuk banyak aplikasi keamanan lainnya. Program antivirus ini memiliki review yang cukup baik dengan rating 4.5 / 5 di Google Play Store.

Unduh aplikasi pada ponsel android Anda dan kemudian jalankan. Pada menu utama, tekan “Safe Surfing” dan pada halaman berikutnya tekan atau geser tombol “Parental Controls”.
turn on

Anda akan berada di halaman lain, lalu tekan “Set up an account” yang terletak di ujung bawah layar untuk membuat akun Anda. Dari halaman berikutnya tekan “Create an account”, dan akan muncul beberapa rincian untuk membuat account.

Catatan: Jangan melupakan password yang telah Anda masukkan, karena itu akan diperlukan setiap kali Anda ingin membuat beberapa perubahan.
sign up

Kemudian tekan atau geser tombol pilihan “Parental Controls” dan isikan password yang telah Anda tetapkan untuk akun Trend Micro Anda lalu tekan “OK”. Parental Controls akan diaktifkan dan Anda sekarang dapat memblokir situs.
enable


Tekan pada “Blocked List” pada halaman tersebut dan pada halaman berikutnya tekan “Add”.
add

Setelah itu Anda dapat memberikan alamat website yang ingin Anda blok. Ketikkan alamat di bawah judul “Website:” dan tekan “Save”. Maka website tersebut akan diblokir dan ketika diakses, maka akan terlihat bahwa Trend Micro telah memblokir situs tersebut.
add address

Perlu dicatat bahwa pada umumnya akan lebih efisien untuk memblokir perangkat tertentu dan situs dengan menggunkan router. Namun tidak semua router memiliki fungsi tersebut, dan router melibatkan lebih banyak pekerjaan.
Cara Memblokir Situs Pada Windows Dan Android Cara Memblokir Situs Pada Windows Dan Android Reviewed by Unknown on 18.27 Rating: 5

Tidak ada komentar